BIAWAK

APA ITU BIAWAK???

Berkas:Varanus exanthematicus (SqueakyMarmot).jpg
Biawak adalah nama umum dari beberapa spesies kadal besar, yang terdiri dari genus Varanus. Mereka asli Afrika, Asia dan Oseania, namun sekarang ditemukan juga di Amerika sebagai spesies invasif. Sebanyak 79 spesies saat ini diakui.

biawak memiliki leher panjang, ekor kuat dan cakar, dan anggota badan berkembang dengan baik. Panjang dewasa spesies yang masih ada berkisar dari 20 cm (7,9 in) di beberapa spesies, untuk lebih dari 3 m (10 ft) dalam kasus komodo, meskipun varanid punah dikenal sebagai Megalania (Varanus Priscus) mungkin telah mampu mencapai panjang lebih dari 7 m (23 kaki). Sebagian besar spesies monitor adalah terestrial, tapi arboreal dan monitor semiaquatic juga dikenal. Sementara sebagian besar biawak adalah karnivora, makan telur, reptil kecil, ikan, burung dan mamalia kecil, beberapa juga makan buah dan vegetasi, tergantung di mana mereka

Distribusi
Berbagai spesies mencakup wilayah yang luas, terjadi melalui Afrika, anak benua India, China, turun Asia Tenggara ke Brunei, Indonesia, Filipina, New Guinea, Australia dan pulau-pulau di Samudera Hindia, dan Laut Cina Selatan. Sebuah konsentrasi besar biawak terjadi di Pulau Tioman dan Kepulauan Perhentian di negara bagian Malaysia Pahang. Beberapa sekarang ditemukan di South Florida, terutama di Everglades, dan Singapura.

Kebiasaan dan diet
Monitor kadal yang, sebagai suatu peraturan, hampir seluruhnya karnivora. Namun, tiga spesies arboreal, Varanus bitatawa, Varanus mabitang, dan Varanus olivaceus, terutama pemakan buah.

Biologi
Marga Varanus dianggap unik di antara binatang dalam bahwa anggotanya relatif morfologis konservatif dan belum menunjukkan berbagai ukuran yang setara dengan mouse dan gajah.  fitur halus morfologi seperti bentuk tengkorak dan anggota tubuh bervariasi meskipun, dan sangat terkait dengan ekologi masing-masing spesies. 

Kebanyakan kadal monitor adalah karnivora. biawak mempertahankan wilayah besar dan menggunakan teknik mengejar berburu aktif yang mengingatkan mamalia berukuran sama. Sifat aktif biawak telah menyebabkan banyak penelitian pada kapasitas metabolisme kadal ini. Konsensus umum adalah bahwa biawak memiliki tingkat metabolisme tertinggi standar semua reptil yang masih ada. 

biawak memiliki lingkup aerobik yang tinggi diberikan, sebagian, dengan anatomi hati mereka. Sedangkan sebagian besar reptil dianggap memiliki tiga hati bilik, hati biawak - seperti dengan orang-orang dari Boas dan ular - memiliki septum ventrikel dikembangkan dengan baik yang benar-benar memisahkan paru dan sistemik sisi sistem peredaran darah selama sistol . Hal ini memungkinkan biawak untuk membuat perbedaan tekanan mamalia-setara antara sirkuit paru dan sistemik, yang pada gilirannya memastikan bahwa darah beroksigen cepat didistribusikan ke tubuh tanpa juga membanjiri paru-paru dengan tekanan darah tinggi.

studi anatomi dan molekuler menunjukkan bahwa semua varanids (dan mungkin semua kadal) adalah sebagian berbisa.  biawak yang ovipar, meletakkan 7-37 telur, yang mereka sering tutup dengan tanah atau melindungi di tunggul pohon berlubang.

Evolution

Raksasa punah Varanus Priscus
Selama era Cretaceous, biawak atau kerabat dekat mereka diyakini telah berevolusi menjadi bentuk amfibi dan kemudian sepenuhnya laut, mosasaurus, yang mencapai panjang hingga 17 m (56 kaki).

Ular diyakini lebih terkait erat dengan biawak daripada jenis lain dari reptil yang masih ada; Namun, telah baru-baru ini mengusulkan bahwa ular adalah kelompok adik dari clade dari iguanians dan anguimorphs.  Seperti ular, biawak telah bercabang lidah yang mereka gunakan untuk merasakan bau. 

Selama zaman Pleistosen, raksasa biawak hidup di Asia dan Australasia Tenggara, fosil terkenal sebagai Megalania (Varanus Priscus, sebuah goanna raksasa secara resmi dikenal sebagai Megalania prisca). Spesies ini adalah anggota ikonik dari Pleistosen megafauna Australia, diduga telah bertahan sampai sekitar 50.000 tahun yang lalu.



JENIS - JENIS BIAWAK

Varanus Salvator (Biawak)

Salvator adalah kadal terbesar kedua dengan jantan dewasa bisa mencapai 1,5-2 meter. Sementara salvator betina jauh lebih kecil. Salvator yang luas dan tersebar di seluruh Asia Tenggara, Indonesia, dan Filipina.  Kadal ini adalah perenang yang sangat baik dan mangkuk air besar sehingga mereka dapat benar-benar menenggelamkan diri mereka sendiri sangat dianjurkan.Salvator dapat diberi makan jangkrik,, tikus, ikan, dan crawdads. . Diet campuran barang-barang makanan empat sampai lima kali per minggu sangat ideal dan akan menjamin pertumbuhan yang tepat dan kesehatan. Kelembaban sangat penting karena kadal ini berasal dari lingkungan yang sangat basah. Kami menyarankan Anda kabut kandang setiap hari untuk mempertahankan kelembaban.Salvator harus disimpan saja kecuali jika Anda sedang berusaha untuk berkembang biak mereka. 

Kandang
Baby salvator dapat disimpan dalam kandang uk 50x40x20 tetapi mereka tumbuh dengan cepat dan segera akan membutuhkan kandang yang lebih besar. Dewasa Air monitor harus disimpan dalam sebuah kandang yang besar dan tiggi.Betina dapat disimpan dalam kandang yang lebih kecil.

Substrat
Rekomendasi kami untuk tidur adalah kulit atau kulit kelapa, tempat tidur ini memiliki kelembaban sangat baik dan duplikat lingkungan alam mereka.  

Food Makanan 

Salvator adalah pemburu oportunistik dan dikenal untuk makan hampir semua hal.makanan ideal adalah; tikus, tikus, ikan, jangkrik, daging sapi  dan telur rebus.  Diet campuran makanan tersebut, empat sampai lima kali per minggu, sangat ideal dan akan menjamin pertumbuhan
Ekologi dan Prilaku
Biawak air merupakan karnivora liar yang biasanya mencari makan di lingkungan sekitar sungai atau danau. Hewan ini mempunyai kemampuan berenang yang baik dengan cara menggerakan tubuh berserta ekornya yang panjang ke arah lateral. Kemampuan ini digunakan biawak untuk mencari mangsa di dalam air terutama ikan.
Biawak air mempunyai kebiasaan berjemur di di siang yang biasanya dilakukan di atas pohon atau di darat dan memburu mangsa dengan cara berenang di dalam air. Hewan ini lebih aktif berburu dan berenang di siang hari. Pada saat cuaca mendung, biawak biasanya menjadi kurang aktif dan cenderung diam dalam sarangnya. Hewan ini membuat sarang dengan cara menggali tanah dengan kukunya yang kuat dan pada biawak kecil biasanya membuat sarang dengan cara melubangi batang pohon ( Perez Monica and Dwyer Quetzal 2007).
            Pada populasinya, biawak air mempunyai jantan dominan. Jantan dominan biasanya adalah jantan dengan ukuran terbesar pada populasi itu. Jantan dominan selalu memberikan tanda untuk menandai wilayah kekuasaannya sehingga apabila ada pejantan yang ukurannya lebih kecil melewati daerah yang telah ditandai itu, maka pejantan yang lebih kecil akan menyingkir. Tanda itu biasanya dibuat pada batang pohon dengar cara menggesekan tubuhnya terutama daerah leher .
Gambar 1 Cara biawak dominan menandai wilayahnya
( Sumber : Quarterly Journal of Varanid Biology and Husbandry )
            Aktifitas reproduksi dan perkawinan biawak air sangat dipengaruhi oleh musim. Biawak air melakukan perkawinan (mating) pada musim hujan karena apabila musimnya berbeda ( bukan musim hujan)  akan mempengaruhi perubahan hormonal pada biawak air jantan dan betina. Cara biawak air melakukan perkawinan adalah biawak jantan akan mendekati biawak betina sisi kiri atau sisi kanan. Apabila betina menolak untuk dikawini maka akan menunjukan aksi pertahanan. Aksi pertahanan ditunjukan dengan biawak betina mengeluarkan suara keras dari kerongkongan dengan membuka mulut sangat lebar, menggerakan tubuhnya menjauhi jantan , berdesis atau membalikan kepalanya pada pejantan yang datang.
Apabila betina menerima untuk dikawini ditandai dengan menurunkan tubuhnya sehingga menekan ke tanah , menurunkan lehernya , setelah itu memejamkan matanya dan tidak berontak. Biawak jantan akan mendekati betina dari arah samping (dari sisi kanan atau kiri). Setelah jarak antara keduanya berdekatan jantan akan mengangkat kaki belakangnya sehingga berada di atas ekor si betina dan ekor jantan dan betina jadi bersebelahan.
 Pejantan bergerak ke arah anterior sambil menjulurkan lidahnya sampai leher jantan tepat sejajar di atas leher betina. Jantan mendekatkan tulang pelvis nya ke tulang pelvis betina pada sisi kanan atau kiri. Setelah itu jantan akan mengangkat tulang kaki belakangnya dan mencoba mengangkat ekor betina dengan kakinya itu. Ketika ekor betina terangkat jantan akan memasukan salah satu hemipenisnya tergantung dari sisi mana dia berada. Pejantan akan mengalami ejakulasi dari hemi penis yang dipakai untuk kawin saja ( Cota 2011).


Comments

Popular posts from this blog

ULAR

ANJING